Ikatan Warna dan Aksesoris Tematik pada Interior Apartemen

Jumat, 25 Mei 2018 | Penulis: Diyah

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Tak cuma warna, aksesoris interior yang terlihat minor bisa jadi pengikat suasana ruang. Seperti yang diterapkan dalam penataan interior unit contoh apartemen JKT Living Star besutan PT Sindeli Propertindo Abadi (SPA), developer asal China di bawah grup Wuzhou Investment, ini. Proyek apartemen di dalam kawasan terpadu (mixed use development) seluas 4,8 ha di Jl Lapangan Tembak, Ciracas, Jakarta Timur, ini mencakup enam menara dengan satu mal semi outdoor seluas 3.000 m2 di bagian depan. Dari keseluruhan lahan, seluas 1 ha dialokasikan untuk area terbuka.

interior-jkt-living-star-majalah-housingestate

 

Lokasi: Apartemen JKT Living Star, Ciracas, Jakarta Timur
Luas: 2 kamar tidur 34,25 m2 (semigross)
Desainer Interior: Tim desain inhouse JKT Living Star

 

Tahap pertama dilepas satu menara 23 lantai berisi 564 unit hunian atau 30 unit per lantai, berupa tipe studio, dua kamar (bed room/BR) dan 2BR corner. Luasan per unit mulai dari 20,35 m2 untuk tipe studio hingga 41,45 m2 untuk tipe 2BR sudut (semigross). “Luas unit apartemen sedikit lebih kecil dibanding ukuran setipe di pasaran supaya harganya lebih terjangkau,” kata Achmad Nurman, Head of Sales Department Sindeli Propertindo. Saat awal penjualan Maret 2017 harga unit Rp14-15 juta/m2 atau mulai dari Rp280-300 juta/unit (tipe studio).

Proyek mulai dibangun awal 2018 dengan target serah terima tiga tahun kemudian. Arsitektur apartemen dirancang konsultan Megatika Internasional (Jakarta) yang terkenal dengan karyanya Da Vinci Tower di Jl Sudirman, Jakarta. Lobi utama apartemen didesain mewah sekelas hotel bintang lima seluas 150 m dan tinggi langit-langit 7,4 m atau setara dua lantai. Setiap unit apartemen didesain menggunakan jendela-jendela kaca berukuran besar yang diklaim jarang terdapat pada proyek sekelas.

“Kita tidak mau menghargai terlalu rendah atau terlalu tinggi dibanding kompetitor, tapi kita menawarkan spek material menengah atas seperti lantai homogenous tile,” ujarnya. Berikut contoh penataan interior tipe 2BR-C seluas 34,25 m2 yang dikemas dalam tema aksesoris bernuansa burung yang menjadi pengikat suasana dari ruang ke ruang.

 

Furnitur Mini

interior-jkt-living-star-majalah-housingestate_furnitur-mini

Unit apartemen yang kecil perlu dikemas kompak dengan pemakaian furnitur sesuai ukuran ruang (customized). Furnitur bisa lebih mini dari ukuran standar tapi masih memenuhi tingkat kenyamanan atau ergonomis saat dipakai. Sofa dua dudukan di ruang keluarga ini didesain gemuk (bulky) seperti bentuk standar tapi dengan ukuran lebih mini. Begitu juga meja kaca dengan kaki logam yang dipangkas ukurannya menjadi sangat terbatas tapi tetap mampu memenuhi fungsinya menampung gelas-gelas minuman.

 

Tematik Burung

interior-jkt-living-star-majalah-housingestate_tematik-burung

Kesatuan tema aksesoris menjadi pengikat ruang yang sangat menarik. Dipilih aneka dekorasi fungsional berbentuk burung yang dinamis bagaikan tarian, mulai dari papan pengait baju, sarung pelapis kursi hingga lampu-lampu gantung. Masing-masing ukuran aksesoris ditempatkan sesuai kebutuhan sehingga tidak tampak ramai.

 

Biru Putih

interior-jkt-living-star-majalah-housingestate_biru-putih

Nuansa biru dihadirkan di ruang makan yang diposisikan mepet ke balkon. Keserasian warna putih dalam kombinasi furnitur dan aksesoris tampak menonjol di antara latar dinding biru yang berkesan adem. Tirai bermotif garis juga bernuansa biru memberi aksen pada keseluruhan unit hunian. Piring-piring keramik berdekorasi bunga tampak manis mengisi dinding. Meja makan persegi berwarna putih yang fleksibel bisa dipanjang-pendekkan dikelilingi tiga kursi warna putih tulang. Tak ketinggalan lampu hias berbentuk dua ekor burung warna putih digantungkan menjuntai ke arah tengah meja makan.

Pola serupa diterapkan di kamar tidur utama, nuansa warna biru-putih dengan dekorasi dinding bertema bunga. Lemari pakaian dirancang terbuka dengan kombinasi warna biru seragam dengan kabinet dapur. Di sisi samping ranjang, sisa ruang yang sempit dimanfaatkan untuk memasang meja kerja sistem gantung. Bagian bawah meja dibuat tanpa kaki agar tidak terlihat sesak dan bisa difungsikan untuk area penyimpanan tambahan.

 

Garis-garis Ceria

interior-jkt-living-star-majalah-housingestate_kamar-anak

Peletakan kamar anak sedikit ditarik ke luar ke arah balkon. Jendela kaca besar yang transparan memberi akses yang mudah untuk melongok ke balkon dari ruang dalam selain memasukkan lebih banyak cahaya alami. Balkon sengaja dirancang lebih lapang agar penghuni leluasa berinteraksi dengan ruang luar. Diharapkan juga anak-anak bisa mendapatkan ekstra ruang bermain di balkon dengan pengawasan yang ketat. Kamar yang diperuntukkan untuk bayi ini dimodifikasi dengan tambahan pintu yang menyambung langsung ke kamar tidur utama. Ranjang bayi dekat jendela warna putih senada dengan kabinet penyimpanan di depannya. Sisa ruang masih cukup lapang untuk  menempatkan mainan sederhana dan kursi untuk ibu mengawasi atau sebagai tempat menyusui. Permainan cat pada sisi dinding samping berupa garis-garis diagonal warna biru dihadirkan untuk menambah kesan yang ceria tapi tidak berlebihan.

 

Dapur

interior-jkt-living-star-majalah-housingestate_dapur

Rangkaian kabinet dapur berbentuk L dibungkus lapisan veneer kayu warna biru langit yang sejuk. Dinding meja dapur dihiasi keramik klasik berpola geometris acak bernuansa biru dan krem yang berhasil menjadi pencuri perhatian. Aplikasi motif keramik klasik serupa diterapkan juga untuk melapisi lantai kamar mandi yang terletak berseberangan dengan dapur.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan