Gubernur Anies Segel Ratusan Rumah Mewah di Pulau Reklamasi

Kamis, 7 Jun 2018 | Penulis: Yudis

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaksanakan janji kampanyenya sebelum terpilih menjadi gubernur DKI Jakarta menggantikan gubernur petahana Basuki T. Purnama (Ahok), untuk menyegel seluruh bangunan tak berizin di pulau hasil reklamasi D dan C di pantai utara Jakarta. Penyegelan dilakukan untuk menegakan Peraturan Daerah (Perda) No 1 Tahun 2014, No 7 Tahun 2010 dan Pergub No. 128 Tahun 2012.

Penyegelan pulau reklamasi oleh Pemprov DKI | Foto : Jitunews

Penyegelan pulau reklamasi oleh Pemprov DKI | Foto : Jitunews

“Seluruh bangunan berdiri di atas lahan dengan status pengolahan lahan milik Pemprov DKI Jakarta dan seluruh bangunannya belum memiliki izin mendirikan bangunan (IMB). Ada 409 unit rumah, 212 unit rukan dan 313 unit ruko sehingga totalnya ada 934 unit bangunan yang disegel,” kata Anies saat memantau langsung penyegelan sebagaimana dikutip dari laman resmi Pemprov DKI Jakarta, Kamis (7/6/2018).

Setelah penyegelan Anies juga menginstruksikan kepada jajarannya untuk terus mengawasi Pulau D dan C yang lahannya masih kosong. Harus dipastikan setelah penyegelan  tidak ada kegiatan apapun di pulau buatan hasil reklamasi tersebut. Anies juga menyebut akan memastikan setiap pihak yang membangun harus memiliki landasan hukum dan perizinan yang berlaku.

“Semuanya harus dipastikan sesuai dengan tata kelola yang benar dan sesuai aturan. Kalau mau membangun harus mengurus izin dulu, jangan dibalik, bangun dulu baru mengurus perizinannya. Kita akan pastikan yang seperti ini ditertibkan,” katanya.

Kepala Dinas Cipta Karya Pemprov DKI Jakarta Benny Agus Chandra menambahkan, sebelum penyegelan pihak Pemprov telah mengirimkan surat kepada pengembang pula D dan C, yaitu PT Kapuk Naga Indah (Agung Sedayu Group). “Setelah penyegelan ini akan ada proses lanjutan, sanksinya kalau tidak sesuai tentu pembongkaran bangunan,” ujarnya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan