Investor Singapura Bangun Perumahan di Sentul City

Kamis, 7 Jun 2018 | Penulis: Nta

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Satu lagi investor asing masuk ke industri properti Indonesia. Kali ini Perennial Real Estate Holdings Ltd, perusahaan pengembang yang sudah terdaftar di bursa saham Singapura. Perennial akan membangun proyek perumahan di dalam kawasan kota baru Sentul City (3.100 ha), Sentul Selatan, Kabupaten Bogor (Jawa Barat), di atas lahan seluas 24,7 ha.

Capitol, Singapura, salah satu portofolio Perennial (foto: Perennial)

Capitol, Singapura, salah satu portofolio Perennial (foto: Perennial)

Seperti disampaikan di lamannya per tanggal 31 Mei 2018, pengembangan dilakukan dengan pola kerja sama dengan rasio saham 60:40. Perennial (60 persen) masuk melalui perusahaan multifinance PT Bhakti Bangun Harmoni sebagai pemilik lahan, dengan mengakuisisi sahamnya sebesar 60 persen. Adapun perusahaan yang digandengnya (40 persen) adalah PT Cipta Harmoni Lestari (CHL), perusahaan yang sebelumnya mengembangkan perumahan Banara Serpong di Jl Raya Puspitek Serpong, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

Proyek yang masih belum diberi nama itu akan dikembangkan sebagai perumahan yang merangkum aneka jenis hunian, tapak dan apartemen. Akan ada sekitar 1.700 unit hunian dengan jumlah total luas bangunan lebih dari 147.000 m2 dan biaya pembangunan diperkirakan hingga Rp1,6 triliun. Selain dari modal internal, biaya ini juga didapat dari hasil penjualan dan pinjaman.

Tingkat urbanisasi yang besar di megapolitan Jabodetabek, seperti dinyatakan oleh Sim Ai Hua, Sekretaris Perusahaan Perennial, menjadi penarik Perennial masuk ke Sentul City. Terutama menyasar pasar kelas menengah yang membutuhkan rumah dengan harga terjangkau.

Selain di Singapura, portofolio Perennial tersebar di tiga negara lain: Tiongkok, Malaysia dan Ghana. Kebanyakan berupa proyek multifungsi yang terintegrasi (mixed use development) seperti Chengdu East High Speed Railway High Speed Railway Integrated Development (Tiongkok) dan Perennial International Health and Medical Hub di Chengdu dan Propinsi Sichuan (Tiongkok). Lalu Capitol di Singapura yang merangkum tiga bangunan konservasi (Stamford House, Capitol Building dan Capitol Theatre) yang berakses langsung dengan stasiun MRT City Hall, serta The Light City di Penang, Malaysia.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan