Jangan Hanya Pantura, Pemudik Bisa Manfaatkan Jalur Tengah dan Selatan

Rabu, 13 Jun 2018 | Penulis: Yudis

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono kembali menginformasikan ada banyak jalur alternatif mudik di Pulau Jawa selain jalur Pantai Utara (Pantura). Pulau Jawa memiliki tiga akses utama jalan nasional yang bisa menjadi alternatif  bagi para pemudik selain jalan tol.

Jalur Selatan | Foto : Phinemo.com

Jalur Selatan | Foto : Phinemo.com

“Tiga rute jalan nasional di Pulau Jawa itu jalur Pantura sepanjang 1.341 km, jalur lintas tengah 1.197 km, dan lintas selatan atau Pantai Selatan (Pansela) sepanjang 1.405 km. Kondisi jalan nasional ini sangat baik dengan status 90 persen dalam kondisi mantap,” ujar Basuki sebagaimana dikutip dari laman resmi Kemenpupera, Sabtu (9/6).

Basuki kembali menekankan agar para pemudik mengambil alternatif jalur mudik melalui Pansela yang lebih banyak menawarkan obyek wisata. Rute Pansela ini sudah tersambung dari Banten hingga Pacitan dan dari Pacitan hingga ke Banyuwangi juga tengah dikerjakan pelebaran jalan.

Untuk jalan tol akses yang bisa dilalui dari Banten hingga Pasuruan sepanjang 995 km terdiri dari 760 km jalan  operasional dan 235 km fungsional (diaktifkan selama musim mudik Lebaran). Masih ada beberapa titik pekerjaan konstruksi yang belum selesai yaitu di ruas Salatiga-Kartasura dan jembatan Kali Kuto sepanjang 100 m di ruas Batang-Semarang.

“Untuk jembatan Kali Kuto ini targetnya H-2 Lebaran sudah bisa digunakan. Intinya, ada banyak alternatif rute jalan di Pulau Jawa ini, pemudik jangan hanya menggunakan jalan tol maupun jalur Pantura. Jalur tengah maupun Pansela juga kondisi jalannya sangat baik dan bisa dimanfaatkan pemudik dengan lebih nyaman,” jelas Basuki.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan