Rusunami Pun Bisa Dibuat Bagus. Ini Buktinya

Sabtu, 16 Jun 2018 | Penulis: Prasojo

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Apartemen sederhana kelas rusunami atau rumah susun sederhana milik, dapat dibangun sama bagusnya dengan apartemen komersial. Salah satu contohnya Teras Alun Alun yang dibangun Gunas Land di kawasan perumahan Vida Bekasi (130 ha), Narogong, Kota Bekasi (Jawa Barat). Apartemen murah ini oleh pengembangnya diklaim dibangun dengan konsep modern dan humanis.

teras alun alun

Menurut Yunita, bagian promosi Vida Bekasi, konsep humanis itu antara lain berupa banyaknya ruang terbuka, bangunannya rendah (low rise) dan fasilitas memadai. “Dari apartemen ke taman dan fasilitas di kawasan diakses melalui pedestrian yang cukup nyaman. Ruang terbuka sengaja disediakan banyak sebagai tempat interaksi antar-warga,” katanya kepada housing-estate.com di Bekasi beberapa waktu lalu.

Fasilitas di kawasan antara lain sport club, area komersial, tempat ibadah, pasar dan lain sebagainya. Teras Alun Alun terdiri lima tower setinggi 5 lantai. Dengan bangunan setinggi itu atmosfir tinggal di rumah biasa (landed house) masih terasa. Huniannya diintegrasikan dengan fasilitas komersial. Lantai dasar untuk komersial, unit hunian di lantai 2-5.

Masing-masing tower terdiri dari 196 unit hunian atau 49 unit/lantai. Huniannya hanya ada satu tipe dua kamar tidur (KT) dengan tiga ukuran 36 m2 (standar), 47 m2 (corner 2) dan 51 m2 (corner 3). Harganya mengacu pada batasan apartemen bersubsidi Rp9,5 juta/m2. Tipe 36 m2 dibandrol Rp345 juta. Saat diluncurkan awal tahun ini harganya Rp301 juta, atau naik hampir 15%.

SHAU (Suryawinata-Heinzelmann Architecture & Urbanism), perancangnya, firma arsitek di Bandung yang berkantor pusat di Belanda,  mendesain apartemen cukup menarik. Dindingnya di-finishing dengan tekstur vertikal dan massa bangunannya dibuat tidak flat. Atapnya  beton miring menyerupai teras. Bangunan apartemen dipulas dengan warna-warna teduh dan menyatu dengan lingkungan: merah marun, kuning, light green dan earth tone sawo matang.

Menurut Yunita, respon pasar cukup bagus. Dari tiga tower (588 unit) yang dipasarkan pada tahap pertama, sudah terjual 50 persen. Konsep yang menarik dan harga yang terjangkau menjadi kunci keberhasilan pemasaran. Sudah tersedia unit contoh (show unit) yang dirancang modern simple sebagai panduan konsumen menata huniannya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan