Inilah Pencakar Langit Terbaik di Dunia

Senin, 18 Jun 2018 | Penulis: Nta

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Organisasi nirlaba yang menaungi profesional yang terkait pada pengembangan gedung-gedung tinggi dan kota masa depan, Council on Tall Building and Urban Habitat (CTBUH), pada akhir Mei lalu mengumumkan pemenang CTBUH Tall Building Awards. Pemberian penghargaan ini menjadi puncak Konferensi 2018 Tall+Urban Innovation di Chicago, Amerika Serikat.

(Foto: archdaily)

(Foto: archdaily)

Ajang penghargaan yang sudah 16 kali diadakan ini memilih dari 48 finalis dari 28 negara yang kemudian dibagi menjadi empat wilayah: Amerika, Asia & Australia, Eropa serta Timur Tengah & Afrika. Selain itu juga ada kategori Urban Habitat Award, the Innovation Award, the Construction Award dan the 10 Year Award.

Terpilih sebagai “Pencakar Langit Terbaik Sejagat 2018” adalah Oasia Hotel di 100 Peck Seah St Downtown, Singapura. Hotel ini menurut dewan juri mempunyai karakter tegas di antara sejumlah gedung lain yang berwarna abu-abu atau biru hasil pantulan kaca di Kota Singa tersebut. Karakter yang dimaksud adalah hampir seluruh fasade gedung dilapis oleh tanaman berwarna merah dan hijau yang selaras dengan ruang hijau dari negara kota itu.

Oleh perancangnya WOHA, hotel yang berdiri di atas lahan 1,94 ha itu, didesain dengan pendekatan arsitektur tropis. Hal tersebut diwujudkan dengan melapisi semua dinding luar gedung (lapisan kedua) dengan jala kokoh berbahan alumunium. Ada sekitar 21 spesies tanaman yang menjalar di seluruh jala tersebut, plus 33 spesies tumbuhan yang ditanam di taman-tamannya. Sesuai pembagian jenis ruang-ruangnya (SOHO, hotel dan club rooms), pada beberapa bagian lantainya ada yang dibuat terbuka menjadi area publik (sky garden) dan fasilitas.

“Gedung ini layak menang, bukan hanya karena eksteriornya yang dilapis tanaman hingga setinggi 60 lantai, juga karena komitmennya menyediakan ruang publik di ketinggian hingga mencapai 40 persen dari luas gedung,” papar  CTBUH Executive Director and Awards Juror Antony Wood.

Sejatinya bukan baru kali ini saja Oasia Hotel meraih penghargaan. Bahkan begitu rampung dibangun tahun 2016, hotel ini sempat menjadi finalis pada 2016 World Architecture Festival untuk kategori Mixed-Use (Completed). Penghargaan yang pernah didapat antara lain 2017-18 ULI Global Awards for Excellence (Urban Land Institute), 17th SIA Architectural Design Awards 2017  sebagai “Building of the Year” untuk kategori Commercial (Mixed Development), dan 2017 Green Good Design Award  dari The Chicago Athenaeum and The European Centre for Architecture Art Design and Urban Studies.

(Foto: archdaily)

(Foto: archdaily)

Di ajang yang sama CTBUH juga memilih gedung-gedung pencakar langit yang layak jadi juara di wilayahnya masing-masing.

Untuk Amerika terpilih American Copper Buildings (arsitek: Gregg Pasquarelli, Principal SHoP) yang berlokasi di East River, New York. Di kawasan Asia & Australia kembali Oasia Hotel Downtown menjadi pemenangnya. Sementara pemenang untuk kawasan Eropa adalah The Silo (arsitek: Caroline Nagel, Project Director COBE) yang berlokasi di bekas kawasan industri Nordhavn, Coppenhagen, Denmark. Dan Zeitz MOCAA yang dirancang oleh Mark Noble, Development Director Victoria and Alfred Waterfront yang berada di pusat kota Cape Town, Afrika Selatan, menjadi Best Tall Building di  kawasan Timur Tengah dan Afrika.

Adapun rencana induk the World Trade Center oleh Carla Swickerath, Partner Studio Daniel Libeskind,  meraih Urban Habitat Award, MULTI karya Michael Cesarz, CEO MULTI thyssenkrupp, jadi pemenang the Innovation Award; dan The EY Centre (Jason Vieusseux, General Manager Design Management & Construction, Mirvac Construction) mendapat the Construction Award.

Sementara itu untuk kategori the 10 Year Award, terpilih dua pemenang New York Times Tower (2007 Completions) desain Terry Hayes, Senior Vice President The New York Times, dan Shanghai World Financial Center (2008 Completions) yang didesain oleh William Pedersen, Principal Kohn Pedersen Fox.

Sumber: CTBUH & Archdaily

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan