Begini Megahnya Stadion Luzhniki, Arena Utama Piala Dunia 2018

Minggu, 8 Jul 2018 | Penulis: Nta

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Hampir setiap hari sejak 14 Juni hingga 15 Juli mendatang, penggemar sepak bola mengarahkan perhatiannya ke Rusia. Apalagi kalau bukan demi pertandingan antar negara Piala Dunia 2018. Rusia menyiapkan 12 stadion yang tersebar di 11 kota. Ada yang betul-betul gres, dibangun khusus menjelang Piala Dunia ini, ada juga yang stadion lama yang diremajakan.

Foto: Stadium Guide

Foto: Stadium Guide

Masuk kategori terakhir adalah Stadion Luzhniki  yang menjadi arena utama Piala Dunia 2018, mulai dari pembukaan hingga malam final nanti. Stadion ini berlokasi di Luzhnetskaya Naberezhnaya 24, Luzhniki Olympic Complex (180 ha), di tepi Sungai Moskow. Disebut demikian, karena arena ini menjadi pusat kegiatan Olimpiade ke-22 tahun 1980.

Serupa dengan kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, kompleks olah raga Luzhniki juga populer sebagai tempat rekreasi ruang luar keluarga Moskow, bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu tengara ibukota Rusia itu.

Dan mirip dengan Stadion Utama GBK, stadion Luzhniki juga menjadi arena untuk aneka penyelenggaraan acara mulai dari olah raga seperti atletik, rugby, hoki es, sampai cultural events, macam konser musik. Stadion ini juga sempat menjadi homebase klub sepakbola andalan Rusia: Spartak, CSKA dan Torpedo.

Stadion ini termasuk tertua, berdiri sejak 1956, dan bernama awal Grand Sports Arena of the V.I. Lenin Central Stadium. Dibangun untuk ajang penyelenggaraan Spartakiad, ajang olah raga nasional negara-negara Blok Timur (negara sekutu Uni Soviet kala itu).  Berkapasitas awal 78.000 orang, demi penyelenggaraan Piala Dunia 2018, Stadion Luzhniki direnovasi hingga berkapasitas 81.000 orang dan membuatnya menjadi stadion terbesar di Rusia.

Proses peremajaan dimulai sejak 2014 dan rampung tahun 2017. Sebagai pemimpin proyek adalah Sergei Kuznetsov, arsitek dari biro arsitek ternama di Rusia, Speech. “Setelah rekonstruksi, Luzhniki akan menjadi salah satu arena paling top di dunia. Lingkungan sekitarnya akan menjadi lebih berkualitas dan bakal menjadi salah satu area publik ternama,” kata Kuznetsov kepada portal khusus Piala Dunia 2018.

Hasil renovasi antara lain dihilangkannya lintasan atletik, menjadikan stadion hanya sebagai lapangan bola. Lapangan rumputnya jenis rumput nomor wahid yang dilengkapi dengan sistem penyiraman, drainase dan pemanasan secara otomatis. Teknologi tercanggih pun disematkan di sini, antara lain kamera yang ditempatkan khusus ke arah gawang yang bisa diakses oleh wasit dan hakim garis untuk menentukan hasil atau pelanggaran.

Stadion kini dilengkapi 1.700 kursi untuk penonton VIP dan 3.000 kursi yang bisa digunakan kaum disabilitas, serta 2.000 kursi untuk media.  Guna mencegah kekacauan, jumlah gerbang pun ditambah dari 13 jadi 16, lintasan antrean juga diperlebar. Diasumsikan dengan penambahan ini, pengunjung sudah berada di luar stadion 15 menit setelah prosesi penutupan pertandingan usai tanpa kekacauan.

Dua layar besar ditempatkan di sisi yang saling berseberangan dan bisa dilihat semua penonton tanpa halangan. Sebuah media screen raksasa berbahan light-emitting diodes (LED) ditempatkan di atap stadion dan bisa dilihat dengan jelas dari jauh, dari Komsomolsky Prospekt, Third Traffic Ring dan Vorobyovy Hills. Ketinggian kanopi area penonton juga dinaikkan hampir 11 meter dan bagian atap stadion dilengkapi dengan observation deck yang bisa digunakan melihat suasana kota dan tengara-tengara kota seperti the Mikhail Lomonosov State University of Moscow di Vorobyovy Hills, the Novodevichy Convent, dan the Towers of Moscow City.

Semua boleh berubah, namun dengan alasan sejarah, fasade stadion tetap dipertahankan. Untuk mempercantik di beberapa tempat disematkan gambar-gambar atlit dari aneka cabang olah raga seperti sepak bola, lempar cakram, gymnastic dan tinju. Gambar-gambar ini terinspirasi dari vas Yunani yang bergambar cabang olah raga yang dilombakan di Olimpiade.

Sumber: 2018 FIFA World Cup Russia™ Tourist Portal & Stadium Guide

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan