Ini Kelebihan Investor Perempuan Dibanding Lelaki

Senin, 9 Jul 2018 | Penulis: Yudis

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta - Kaum perempuan terus menempati berbagai posisi strategis di berbagai perusahaan dan sangat bisa bersaing dengan kalangan laki-laki. Survei  Grant Thornton, sebuah perusahaan konsultan menyebutkan, kaum perempuan Indonesia termasuk urutan sepuluh besar di dunia untuk posisi manager perusahaan.

Ilustrasi

Ilustrasi

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) juga menyebut kalangan perempuan pekerja di Indonesia terus menunjukan peningkatan. Setiap tahun tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) perempuan meningkat rata-rata 2,33 persen dan saat ini (2017) porsinya mencapai 55,05 persen dibandingkan tahun 2016 yang 52,71 persen.

Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) juga mencatat adanya pertumbuhan jumlah investor perempuan mencapai 965 persen dalam empat tahun terakhir dibandingkan kalangan laki-laki yang hanya 71 persen. Saat ini, total investor perempuan di pasar modal mencapai 476.772 orang mengejar investor laki-laki yang sebanyak 629.115 orang.

Menurut FX Iwan, Independent Wealth Management Advisor dan pendiri Jagartha Advisor, kenaikan jumlah investor perempuan saat ini merupakan sinyal positif bagi perkembangan investasi secara umum. Ada banyak indikator bahwa sesungguhnya perempuan lebih pintar berinvestasi ketimbang kaum laki-laki.

“Ada beberapa sifat alamaiah yang dimiliki perempuan seperti sifat keibuan yang memberikan pengaruh terhadap perilaku investasinya. Sifat alamiah ini bagi perempuan mereka lebih bisa mengetahui when it comes to investment. Makanya saya menyarankan para pemain wealth management untuk lebih mendalami psikologi perempuan dalam memberikan saran mengenai produk-produk investasi terbaiknya,” ujarnya dalam siaran pers yang diterbitkan di Jakarta dan diterima housing-estate.com, Senin (9/7/2018).

Faktor psikologis itu, jelas Iwan, bisa membantu perempuan untuk lebih sukses dalam berinvestasi dibandingkan laki-laki. Bahkan, perempuan yang berperan sebagai ibu rumah tangga sekalipun sesungguhnya tetap mengelola keuangan keluarga dan ini membuat perempuan lebih peka terhadap analisis dan keputusan penggunaan uangnya.

Iwan merinci berbagai kelebihan lain dari kalangan perempuan terkait investasi dibandingkan laki-laki. Perempuan bisa bersabar untuk hasil yang lebih besar. Berbeda dengan laki-laki yang kerap memiliki kepercayaan diri berlebihan terhadap kemampuan analisis investasinya. Perempuan bisa menyikapi situasi dengan lebih tenang untuk menghindari risiko yang lebih besar.

Investor perempuan juga lebih disiplin dan konservatif dalam menjalankan rencana investasinya sehingga memiliki risk adjusted return yang lebih kuat dibandingkan laki-laki. Perempuan juga terus belajar dan terbuka terhadap saran yang membuatnya terus berkembang menjadi investor yang lebih baik ketimbang laki-laki yang kerap menonjolkan sisi egonya.

“Sebagian besar perempuan mempersepsikan dirinya tidak bisa atau tidak siap untuk melakukan perencanaan investasi. Situasi ini sesungguhnya menjadi kekuatan tersendiri bagi perempuan sebagai karakter dasar untuk menghindari risiko, melakukan diversifikasi, sabar, dan berorientasi jangka panjang. Sifat-sifat ini menjadi dasar untuk membuat kita menjadi investor yang baik,” jelas Iwan.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Ikuti update berita properti terbaru. Follow
Beri Tanggapan